Kenapa Tidak Ada Virus Di Linux?

- Posted in Info by - Permalink

Sebuah pertanyaan yang salah jika ada yang menanyakan: kenapa tidak ada virus di linux? Karena pastinya ada dan akan selalu ada virus di linux.

Namun saya coba memahami maksud dari pertanyaan itu. Memang, jika dibandingkan dengan sistem operasi lain, sebut saja windows, keberadaan virus di linux tergolong sedikit.

Menurut saya ada beberapa hal yang jadi penyebab kenapa tidak ada virus di linux.

  1. Pengguna yang sedikit

Menurut data yang dilansir netmarketshare.com. Pengguna linux di seluruh dunia hanya 1,78% saja. Bandingkan dengan pengguna windows yang mencapai 88%. Tentu angka yang sangat tinggi perbedaannya.

Hal ini menjadi daya tarik sendiri bagi pembuat virus untuk terus berupaya menciptakan virus yang dahsyat yang akan menyerang komputer dalam jumlah yang masif.

Ini tidak akan terjadi jika si pembuat virus menargetkan sasarannya pada linux. Dimana pengguna linux di seluruh dunia hanya 1,78 % saja.

Mungkin peribahasa ada gula ada semut tentu berlaku disini.

  1. Sistem yang rumit

Sudah mahfum bagi pengguna komputer di seluruh dunia bahwa linux adalah salah satu sistem yang sulit dipelajari dan dipahami. Hanya orang yang benar-benar serius saja yang merasa nyaman dan merasa klop dengannya. Sementara sebagian lain tidak.

Jangankan virus, program yang memang sengaja ingin diinstal saja seringkali gagal atau mengalami kendala ketika dijalankan di linux. Ini berbeda dengan windows yang sangat mudah dalam menambah atau menghapus program.

Virus yang dibuat akan mengalami kendala ketika disebarkan di linux karena tidak mudah mengeksekusi program di linux.

  1. Terlalu banyak varian

Karena bersifat bebas dan kode terbuka menyebabkan siapa saja bisa mengembangkan linux. Mulai dari yang coba-coba sampai yang benar-benar profesional terlibat dalam pembuatan linux.

Celakanya setiap pengembang linux merancang sistemnya sesuka hati mereka. Tidak ada standarisasi yang dipakai. Jangankan antar varian atau distro, dalam satu distro pun ketika beda versi sudah beda lagi sistem dan aturannya.

Bisa jadi satu virus dengan kode yang sama dapat berjalan di distro A sementara di distro B tidak bisa.

Menurut saya 3 hal inilah yang menyebabkan virus tidak berkembang di lingkungan linux. Jadi, gunakan linux saat ini juga.