Cara Ampuh Meningkatkan Kecepatan Koneksi Internet Tanpa Software

Pernahkah anda merasa tiba-tiba koneksi internet anda menjadi lambat? Jika anda pernah mengalami hal seperti itu, santai saja. Anda tidak sendirian. Saya pun sering mengalami koneksi internet yang tiba-tiba menjadi lambat sekali.

Ada beberapa faktor yang membuat demikian. Virus, malware, atau spyware sering menjadi tertuduh utama jika hal itu terjadi.

Padahal tidak demikian. Ada hal-hal yang tanpa kita sadari kita sendiri yang membuat demikian. Contoh yang paling sederhana yang sering ditemui adalah adanya aktivitas update secara sembunyi-sembunyi pada software yang kita gunakan. Firefox salah satunya.

Jika kita tidak teliti pada opsi yang ditawarkan Firefox maka kita 'memperbolehkan' Firefox untuk mengupdate programnya secara sembunyi-sembunyi.

Dan itu semua tidak hanya terjadi pada Firefox saja. Hampir semua software terkenal dan gratis melakukan hal tersebut. Sebut saja CCleaner dan Notepad++. Mereka melakukan apa yang dilakukan Firefox.

Bayangkan bagaimana jadinya jika hampir semua software yang kita gunakan meng-update programnya secara sembunyi dalam waktu yang bersamaan ketika kita sedang online?

Koneksi lambat! Pasti.

Untungnya kita masih diberi opsi untuk mematikan feature tersebut. Jika kita ingat-ingat lagi ketika pertama kali meng-instal software tersebut pasti ada opsi update otomatis yang tercentang.

Cara mengatasinya sebenarnya mudah saja. Kita tinggal buka menu opsi pada software-software tersebut lalu hilangkan tanda centangnya. Maka seketika itu juga opsi update otomatis secara sembunyi-sembunyi akan mati.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana jika yang melakukan update secara sembunyi-sembunyi adalah Windows?

Seperti kita ketahui Windows pun sama seperti software lain yang butuh pembaruan sistem. Setiap hari ada beberapa hotfix dan updatean dari Windows.

Memang benar kita diberi pilihan/opsi untuk menghidupkan atau mematikan Automatic Update-nya Windows. Tapi......

Walaupun kita sudah mematikan opsi update otomatis milik Windows. Windows tetap saja melakukan update secara sembunyi-sembunyi. Kenapa bisa begitu?

Karena ada satu service yang di miliki Windows yang memang fungsinya untuk melakukan itu. Namanya BITS. Background Intelligent Transfer Service.

Dari namanya saja sudah jelas untuk apa service itu ada dan dibuat.

Untungnya kita masih bisa mematikan BITS sehingga kecepatan koneksi internet kita tidak habis tercuri secara percuma.

Jika anda tertarik untuk mematikan service BITS ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Command Prompt. Caranya tekan tombol CTRL + R lalu ketik cmd
  2. Ketik taskmgr lalu Enter
  3. Pilih tab Services
  4. Klik tombol Services
  5. Klik ganda pada BITS
  6. Pada Startup Type pilih Disabled
  7. Klik OK

Sudah selesai. Silakan nyalakan ulang komputer anda.

Semoga bermanfaat cara ampuh meningkatkan kecepatan koneksi internet tanpa software.