suheri8

Penanggulangan Jika Telegram Anda Di Hack

Berlanjut dari postingan sebelumnya tentang penipuan lewat telegram. Kali ini saya akan memaparkan cara menanggulangi jika telegram Anda terlanjur telah dihack atau dibajak penipu.

Langkah ini sangat penting karena jika tidak ditanggulangi akan sangat berbahaya. Si penipu akan dengan sangat leluasa mengobok-obok telegram Anda tanpa Anda sadari. Penipu bisa membuka dan membaca semua obrolan Anda sebelumnya bahkan bisa membuat dan membalas obrolan yang ada di telegram Anda.

Bagaimana jika obrolan di telegram itu ada yang bersifat rahasia atau sensitif. Tentu akan sangat mengerikan membayangkan ini terjadi pada Anda.

Matikan Sesi Yang Aktif

Pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mematikan semua sesi yang aktif. Jadi semua perangkat yang terhubung dengan telegram Anda harus dimatikan.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka menu telegram
  2. Seting
  3. Privasi dan sekuriti
  4. Sesi aktif
  5. Matikan sesi yang lain (Terminate All Other Sessions)

Jika kurang jelas bisa lihat gambar di bawah ini.

1-buka-menu-telegram 2-seting 3-privasi-sekuriti 4-sesi-aktif

Jika semua langkah diatas sudah dikerjakan maka semua perangkat yang terhubung dengan telegram Anda akan keluar, termasuk telegram si penipu. Sekarang telegram Anda sudah aman. Semua sudah dalam kendali Anda.

Jangan ulangi kesalahan yang sama. Jika si penipu menelepon lagi dan meminta kode verifikasi, jangan berikan. Cukup sekali saja Anda tertipu.

Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Untuk menambah keamanan lagi, Anda bisa mengaktifkan verifikasi 2 langkah yang telah disediakan telegram. Verifikasi 2 langkah ini akan membuat telegram Anda semakin aman karena dilindungi password setiap kali beraktivitas.

Berikut ini langkah mengaktifkan verifikasi 2 langkah telegram:

  1. Buka menu telegram
  2. Seting
  3. Privasi dan sekuriti
  4. Verifikasi 2 langkah (Two-Step Verification)
  5. Seting password
  6. Buka email konfirmasi

Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah:

5-2langkah-verifikasi 6-seting-password 7-buat-password 8-ulangi-password 9-pengingat-password 10-masukan-email 11-konfirmasi

Sudah bisa? Jika sudah, selamat! Kini telegram Anda aman dari tindakan penipuan untuk membajak atau menghack telegram. Tapi ingat, jangan pernah lagi memberikan kode verifikasi pada orang yang mengaku-aku dari telegram atau dari manapun.

Ya, itulah langkah-langkah mengamankan telegram dari aksi penipuan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

tiga puluh empat − = dua puluh tujuh